Friday, March 8, 2013

16 Adegan Gerak Lambat Yang Paling Diingat

Gerak lambat dalam film terbukti mampu meningkatkan tensi adegan, mendramatisasi, dan di atas itu semua, membuat sebuah adegan terlihat lebih keren. Banyak film aksi telah menggunakan metode ini untuk menampilkan adegan aksi di dalamnya. THE MATRIX hingga saat ini menjadi film yang paling sukses dalam menampilkan gerak lambat.
Dalam beberapa tahun terakhir beberapa film menggunakan efek tersebut untuk meningkatkan kualitas filmnya. Taruhlah adegan perkelahian, tembak-menembak menjadi sangat dramatis dengan adanya efek ini.
DREDD menjadi film terbaru yang memasukkan efek ini ke dalam cerita. Di dalamnya penonton bisa melihat betapa serunya aksi tembak-menembak dalam gerak lambat.
Ada banyak lagi adegan yang seperti itu dalam perfilman Hollywood. Berikut ini 16 di antaranya. Simak dengan lambat!

1. DREDD

DREDD menampilkan salah satu adegan gerak lambat yang terhitung brutal. Di dalamnya Dredd menyerbu sebuah kamar yang berisi para pecandu bersenjata yang sedang mabuk obat-obatan terlarang. Saking lambatnya, percikan darah dari korban tembakan Dredd terlihat dengan jelas. Ini hanya sebagian saja, masih ada banyak lagi di sepanjang film.

2. BLADE RUNNER

Fiksi ilmiah klasik garapan Ridley Scott ini banyak menggunakan adegan gerak lambat. Dan yang paling dramatis di antara banyak adegan lambat tersebut adalah saat sang tokoh utama, Deckard (Harisson Ford) menembak replikan yang sedang menerobos jendela.

3. 2001: A SPACE ODYSSEY

Bicara film fiksi ilmiah tak bisa lepas dari mahakarya Stanley Kubrick 2001: A SPACE ODYSSEY. Film ini banyak menyertakan adegan gerak lambat untuk adegan yang tepat. Salah satu yang paling dikenal adalah pada saat adegan pembuka di mana monyet-monyet melemparkan tulang ke udara. Meski secara simbolis, adegan tersebut menyiratkan evolusi serta agresi hingga akhirnya berakhir di petualangan luar angkasa.

4. 300

Film Zack Snyder yang diadaptasi dari novel grafis Frank Miller ini menggunakan gerak lambat untuk menonjolkan kualitas grafisnya. Tak hanya itu, gerak lambat juga menjadi ciri khas tersendiri untuk adegan pertarungan pedang ala film 300. Konsep ini langsung disukai oleh para penontonnya.

5. RESIDENT EVIL: AFTERLIFE

RESIDENT EVIL sudah sejak lama menjadi pengguna setia adegan gerak lambat untuk mendramatisir adegan dalam filmnya. Namun baru pada seri ke-4, film ini menyajikan banyak sekali adegan gerak lambat Alice dan kawan-kawan saat menembaki zombie. Lega rasanya melihat zombie terkalahkan dalam gerak lambat.

6. SWORDFISH

Film aksi yang tenar karena Halle Berryberani topless di dalamnya ini juga dikenal karena adegan ledakan bombastisnya dalam gerakan lambat. Dengan memutar kameranya 360 derajat, maka adegan gerak lambat ini menjadi sangat mendebarkan untuk disaksikan.

7. WATCHMEN

Adegan pembuka WATCHMEN tak diragukan lagi adalah satu dari banyak adegan pembuka terbaik. Zack Snyder menggunakan banyak adegan gerak lambat dramatsi untuk menikmati betapa film superhero yang digarapnya selain penuh aksi juga sangat kelam penokohannya.

8. SCOTT PILGRIM VS THE WORLD

Diangkat dari komik berjudul sama, film ini digarap dengan pendekatan layaknya video game yang bertabur banyak adegan gerakan lambat. Ditambah dengan efek lucu dan adegan pertarungan slapstick mirip dalam game, seluruh gerakan slow motionnya sukses menghibur penonton.

9. INCEPTION

Christopher Nolan berhasil membuatpenonton terhenyak lewat konsep cerita serta adegan gerak lambat yang disajikannya ketika para tokohnya berada di dunia mimpi. Salah satu yang berhasil mengagetkan penonton adalah saat Cobb (DiCaprio) berada di cafe dengan banyak ledakan. Dan tentu saja adegan ketika mobil merek jatuh dari jembatan.

10. SHERLOCK HOLMES

Robert Downey Jr menghadirkan sosok Sherlock Holmesyang lebih banyak bermain tangan dari Sherlock yang lain. Dalam film garapan Guy Ritchie ini, Holmes juga piawai dalam bertarung dengan tangan kosong. Dengan otaknya yang sangat cerdas, dalam pikirannya ia bisa melihat prediksi pertarungannya dalam gerakan lambat.

11. THE MATRIX
http://theathleticnerd.com/wp-content/uploads/2010/07/the-matrix-bullet-time.jpg
THE MATRIX menjadi pioner film laga yang mengedepankan gerak lambat sebagai aksi utamanya. Dengan begitu banyak terobosan seperti salah satunya adegan Neo menghindari peluru, adegan gerak lambat THE MATRIX semua keren.

12. ZOMBIELAND

ZOMBIELAND adalah horor komedi terbaik tentang zombie selepas SHAUN OF THE DEAD. Adegan pembukanya secara unik menggambarkan kepanikan warga kota yang melarikan diri dari zombie... dan semua dalam gerakan lambat.

13. WANTED

Film adaptasi komik ini membawa adegan bullet time seperti dalam THE MATRIX ke tingkatan yang lebih tinggi. Selain menampilkan adegan peluru menembus gedung yang jaraknya ratusan meter, adegan yang paling diingat adalah ketika Wesley (James McAvoy) menggampar rekan kerjanya dengan keyboard komputer. Tuts keyboard berhamburan dalam gerak lambat.

14. THE FALL

Adegan pembuka dalam gerak lambat satu ini lebih menekankan pada sisi artistik. Tarsem Singh menunjukkan seberapa ekstrim adegan gerak lambat bisa dihadirkan dalam kisah fantasi satu ini.

15. SPIDER-MAN

Konsep kekuatan super Spider-Man memang pas dengan konsep gerak lambat. Sam Raimi pun melakukan pekerjaan yang tepat dengan memasukkan gerakan lambat dalam salah satu adegan filmnya. Dengan gerak lambat, penonton diajak untuk merasakan bagaiamana rasanya menjadi manusia laba-laba

16. THE ONE

Filmnya memang tak terlalu laris namun adegan aksi di dalamnya sangatlah padat dan sarat adegan gerak lambat. Meski terkadang adegan gerak lambat tersebut terlalu berlebihan, dan terkesan mengekor THE MATRIX, yang belum lama berselang rilisnya, film ini tetaplah menghibur.